Lokasi Menarik di Manggeng Raya

Rawohnanggroe | Manggeng Raya merupakan sebuah wilayah yang terdiri dari dua kecamatan, Manggeng dan Lembah Sabil di Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh. Letaknya persis berbatasan langsung dengan Aceh Selatan, yang dipisah oleh sebuah sungai besar, yaitu Krueng Baru.
Aktifitas di Kedai Manggeng | Foto: Khairil

Kontur daerah ini terdiri atas pegunungan, dataran rendah dan daerah pesisir pantai. Kawasan pegunungan di Manggeng Raya merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Lauser. Kondisi hutannya pun masih lebat yang kaya akan keanekaragaman hayati.

Hanya sebagian kecil wilayah pinggiran pegunungan yang dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk lahan perkebunan. Sementara dataran rendahnya merupakan hamparan persawahan luas yang menjadi mata pencaharian sebagian besar masyarakat untuk bercocok tanam, khususnya padi.


Kawasan pesisir Manggeng Raya terdiri atas beberapa pantai yang landai menghadap langsung ke Samudra Hindia. Ada tiga macam tipe, pantai berpasir krim, hitam keabu-abuan dan berbatu kerikil.

Terdapat beberapa lokasi menarik di daerah ini yang kerap dikunjungi oleh para pengunjung lokal pada hari-hari tertentu. Tempat-tempat wisata di sini masih alami dan belum banyak diketahui, karena kurangnya perhatian dari pemerintah. Padahal potensinya cukup bagus jika dikembangkan untuk memajukan sektor pariwisata di Abdya, dan tentunya akan berdampak pada masyarakat.
Potensi Manggeng Raya | Sumber: Youtube

Lokasi-lokasi menarik seperti Kawasan Ujong Manggeng terdiri dari Pantai Manggeng yang berpasir hitam keabu-abuan, Kuala Manggeng, Tanggul Pemecah ombak dan Pantai Lhok Pawoh. Ada juga Madat, yaitu sejenis benteng tempat pemantauan kapal peninggalan masa silam di sekitar muara Krueng Manggeng.

Selain itu juga ada Pantai Kerikil Suak Beurumbang, Irigasi Krueng Manggeng, Panorama Krueng Baru, Alue Geunderang dan Batee Lhee di Puncak Gunung Sabi yang menyajikan pemandangan Manggeng Raya dari ketinggian.

Jika Anda berkesempatan untuk singgah atau berkunjung ke Manggeng Raya, tidak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi tempat-tempat menarik yang masih sangat alami tersebut.[]

Popular posts from this blog

Terkenang Beutong Ateuh Banggalang

Keindahan Pantai Batee Puteh di Meukek

Di Aceh, Menikah dan Khitanan "Harus" Berinai

Mengintip Tiga Pantai Bakongan Timur