Tiga Pulau Eksotis Aceh Jaya

Rawohnanggroe | Aceh Jaya yang beribukota di Calang memiliki banyak panorama alam menawan. Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Aceh Besar, Pidie dan Aceh Barat memiliki sejumlah pantai, air terjun dan sungai dan yang menarik untuk dikunjungi, tak ketinggalan beberapa pulau kecil juga menghiasi lautnya. Jika tertarik untuk berkunjung, cobalah jadikan tiga pulau eksotis berikut sebagai destinasi liburan Anda.
Pulau Kluang dan Tsunami | Foto: Khairil

Pulau Kluang

Penampakan pulau Kluang bisa terlihat dari ketinggian Peunioh Puncak Geurutee di Desa Glee Jong Kecamatan Jaya. Dari Gerutee terlihat dua pulau saling berdekatan, Pulau Kluang memiliki daratan yang lebih tinggi dan lebih kecil, sedangkan di sebelahnya adalah pulau Tsunami yang lebih besar dan datar. Keduanya hanya terpisah sekitar satu kilometer saja. Untuk sampai ke sini perjalanan yang harus ditempuh dari Banda Aceh sekitar dua jam. Jaraknya dari daratan Aceh sekitar 2,3 kilimeter atau 20 perjalanan dengan boat nelayan dari Babah Ie.

Seperti kebanyakan pulau di Aceh, Kluang juga menawarkan pantai berpasir putih, ekosistem bawah laut dan rimbunnya pepohonan pulau tropis. Menariknya di pulau inilah pengunjung bisa menyaksinkan sisi lain Puncak Geurutee dan sebuah gua pada tebingnya. Uniknya, memasukinya harus melalui laut dan perahu juga bisa masuk ke dalamnya.

Pulau Raya

Pulau Raya dapat ditempuh 2 jam 30 menit perjalanan darat dari Banda Aceh. Terletak di Kecamatan Samponiet, hanya terpisah satu kilometer dari pemukiman di Daratan Aceh. Bagi yang ingin mendatanginya, perahu nelayan da Lhok Kruet siap mengantarkan para pengunjung ke salah satu pulau terluar Indonesia ini. Kontur pulau ini berbukit memiliki pantai panjang dan putih, kabarnya kondisi bawah lautnya pun masih sangat bagus dan masih sangat jarang diselami.

Pulau Raya pernah ditinggali banyak penduduk, namun pasca tsunami, pulau ini telah ditinggalkan. Menurut sejarahnya, pada masa pendudukan Belanda di Aceh pulau ini pertama dikuasai sebelum menaklukkan Lhok Kruet. Pulau Raya dijadikan sebagai pusat militer (bivak) Belanda di Aceh Jaya hingga kemudian dipindahkan ke Calang. Sisa-sisa pondasi bagunan peninggalan penjajah masih bisa dijumpai di beberapa lokasi.

Pulau Reusam

Reusam adalah pulau terbesar yang terdapat digugus kepulauan di Teluk Rigaih, Setia Bakti. Pulau ini mulai banyak dikunjungi wisatawan. Perairan di Reusam cukup tenang bagi yang ingin melihat suguhan bawah lautnya yang masih asri. Sebuah dermaga yang sudah dibangun dapat dijadikan sebagai pijakan untuk terjun bebas ke air laut yang bening atau hanya sekedar menikmati pasir putihnya juga tak ada salahnya.

Menuju ke Reusam, perjalanan dari Banda Aceh sekitar dua jam perjalanan darat. Kemudian dilanjutkan dengan menaiki perahu nelayan sekitar 20 menit dari PPI (Pelabuhan Pendaratan Ikan) Rigaih. Teluk Rigaih memang terkenal dengan keindahan pantai dan bawah laut sehingga sering dijadiakan sebagai spot menyelam bagi turis yang datang. Tidak hanya Reusam, di kawasan teluk juga ada Pulau Eunggang dan Peugaseng yang mungkin bisa dijadikan destinasi selanjutnya.[]


Rawoh lain: Wisata di Manggeng

Popular posts from this blog

Sejarah Ringkas Kenegerian Manggeng

Lupek, Kuliner Rakyat Jelata

Terkenang Beutong Ateuh Banggalang

Lokasi Menarik di Manggeng Raya