Rigaih, Teluk untuk Singgah

Rawohnanggroe | Menyusuri Jalan Nasional lintas Barat-Selatan Aceh tepatnya di lintasan Banda Aceh-Calang, akan ada suguhan menarik berupa pemandangan alam nan indah. Daerah ini terkenal akan keindahannya yang menawan. Bagi para musafir, tempat ini memang sering dijadikan sebagai persinggahan sesaat, sebelum kembali melanjutkan perjalanan.
Ketenangan Teluk Rigaih | Foto: Khairil

Di lintasan Banda Aceh-Calang bisa dijumpai beberapa tempat menarik yang siap memanjakan mata yang letih dalam perjalanan. Dimulai dari Puncak Geurutee hingga kota Calang begitu banyak tempat yang bisa disinggahi. Salah satunya adalah di Rigaih di dekat kota Calang yang terkenal sebagai tempat snorkling, diving maupun memancing.

Kawasan Rigaih adalah sebuah Kawasan Rest Area yang berbentuk teluk yang terdapat di Gampong Riagih, Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya. Kawasan ini persis berada di pinggir Jalan Nasional.Rigaih menyuguhkan pemandangan teluk yang menawan dengan pulau-pulau yang terhampar di sekitarnya dan lautnya masih sangat alami, biru dan tenang.

Di Kawasan Rigaih pengunjung bisa melihat perahu-perahu nelayan tradisional yang bersandar di pinggir pantai. Sebuah bekas pelabuhan yang hancur diterjang dahsyatnya gelombang tsunami pada 2004 silam terdapat juga di sana.

Dari kejauhan, dari Teluk Rigaih dapat terlihat pemandangan kota Calang yang terletak di sebuah tanjung. Ditempat ini juga terdapat beberapa pantai yang berpasir putih dan tersedia pondok-pondok yang teduh bagi pengunjung untuk menikmati pantai dan panorama di sekitar teluk.

Beranjak sedikit lebih dekat dengan Calang, tepatnya di sebelah pegunungan maka pengunjung akan dapat melihat bekas hutan bakau yang mati akibat hantaman tsunami. Pohon-pohan bakau ini masih tegak berdiri walau sudah mati, ini tentu bisa menyuguhkan pemandangan unik lainnya.

Nah, jika Anda melewati jalan lintas Barat-Selatan Aceh tidak ada salahnya bagi untuk singgah dan beristirahat sejenak di kawasan Rigaih. Sambil menikmati suguhan pemandangan alam menawan yang dapat mengobati kepenatan selama diperjalanan.[]


Lainnya: Air Tenjun Labuhan Haji

Popular posts from this blog

Terkenang Beutong Ateuh Banggalang

Gunong Trans, Kehijauan Sejauh Mata Memandang

Mengintip Tiga Pantai Bakongan Timur

Keindahan Pantai Batee Puteh di Meukek