Keindahan Pantai Batee Puteh di Meukek

Rawohnanggroe | Pantai menjadi panorama yang banyak ditemui di Aceh. Bumi Serambi Mekkah memiliki potensi wisata pantai yang tersebar diseluruh penjuru provinsi paling barat Indonesia ini. Ada banyak pantai dengan daya tarik mengagumkan masih tersebunyi di daerah ini, ia seakan seorang “bidadari” yang sedang bersemayam.
Menyusuri Pantai Batee Puteh | Foto: Khairil

Meukek di Aceh Selatan memiliki salah satunya. Dibalik hutan lebatnya yang bersetubuh langsung dengan lautan, terdapat bidadari nan rupawan, namanya Pantai Batee Puteh. Pantai ini besemayam di tepi Samudra Hindia, dipeluk bukit yang dipanjati pepohonan hutan hujan tropis.

Letaknya berjarak sekitar 30 kilometer dari Tapaktuan. Pantai Batee Puteh persisnya terletak di Gampong (Desa) Lhok Aman, Kecamatan Meukek, Kabupaten Aceh Selatan, sekitar 700 meter dari Jalan Nasional lintas Blangpidie–Tapaktuan.

Keberadaannya memang belum banyak yang mengetahui, karena lokasinya dirangkul oleh perbukitan, ini membuat tak banyak orang yang mengunjunginya. Namun, panorama yang disajikan cukup menarik.

Di Batee Puteh tidak banyak aktifitas yang terlihat, karena terletak jauh dari pemukiman penduduk, sehingga cukup tenang dan cocok untuk tempat bersantai. Mengenai kebersihan, pantai ini cukup indah dipandang mata. Selain dedaunan yang gugur tak ada sampah plastik sedikitpun di sini.

Menuju ke lokasi, pengunjung hanya perlu menyusuri jalan menuju ke arah pantai di bagian selatan Gampong Lhok Aman. Hutan melingkup Batee Puteh juga menawarkan suguhan mempesona, kemana saja arah mata memandang yang terlihat adalah suguhan hijau yang asri.

Batee puteh memiliki pantai berpasir hitam dengan kerikil-kerikil yang menaburinya, ada yang berwarna putih, hitam dan kecoklatan. Taburan batu disetiap sudutnya merupakan daya tarik tersendiri yang membuat pengunjung menjadi betah berlama-lama.

Pantai yang terselubung perbukitan dengan ombaknya yang besar ini selalu memberi nuansa tenang dan alami bagi siapa saja yang menyinggahinya. Selain aktifitas nelayan dan pemancing, di sini juga bisa dijumpai genangan air yang bening membentuk sebuah danau kecil.

Selangkah menginjakkan kaki di sini pengunjung seakan menyatu dengan alam, ditambah pohon kelapa bergoyang lembut, kemudian ombak yang menghempas batu seperti ikut bercerita. Suasana yang ditawarkan Batee Puteh menyuguhkan panorama elok rupawan. kami telah membuktikannya, bagaimana dengan Anda?.[]

Popular posts from this blog

Gunong Trans, Kehijauan Sejauh Mata Memandang

Terkenang Beutong Ateuh Banggalang

Di Aceh, Menikah dan Khitanan "Harus" Berinai