Berlibur ke Air Panas Gunung Api Seulawah

Rawohnanggroe | Ie Suum adalah sebuah sumber mata air panas dari aktifitas gunung api Seulawah. Berjarak sekitar 45 kilometer dari Banda Aceh, untuk ke objek wisata ini memakan waktu sekitar satu jam perjalanan. Lokasinya berada di Desa Ie Suum, Kecamtan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.
Sekitar Ie Suum, Krueng Raya | Foto: Khairil

Dari Jalan Malahayati, hanya berjarak sekitar 3 kilometer ke arah pegunungan. Jalan masuknya tak jauh dari Depot Pertamina Krueng Raya. Perjalanan menuju Ie Suum akan disuguhkan oleh hamparan perbukitan menghijau disegala sisi. Biaya masuk ke tujuan wisata ini, pengunjung akan dikenakan tarif Rp. 3000 per orang. Tarif ini terbilang murah jika dibandingkan tempat lain di sekitarnya.

Jika sudah masuk ke komplek objek wisata Ie Suum, tidak ada lagi biaya parkir yang dikenakan. Kecuali pengunjung berniat untuk mandi di kolam yang disediakan, maka setiap pengunjung akan dikenakan biaya Rp. 5000 per orang.

Saat sampai di lokasi, akan terlihat asap-asap yang mengepul di kaki perbukitan yang banyak ditumbuhi ilalang. Jika makin mendekat hawa panas pun akan terasa, dikarenakan air yang menguap. Di Ie Suum sudah tersedia beragam fasilitas, mulai area parkir, kolam pemandian, mushalla, area bermain anak-anak, juga pondok atau warung yang menjual aneka makanan dan minuman.

Bagi yang tidak ingin basah-basahan, pengunjung dapat menyusuri sumber mata air panas saja. Pilihan lainnya, Anda bisa sekedar duduk di atas pondok dan melihat pemandangan perbukitan dan aktifitas pengunjung, sambil menikmati sebotol minuman dingin.
Berwisata ke Ie Suum | Sumber: Youtube

Untuk merasakan panasnya air, ada satu hal yang mungkin patut dilakukan. Cobalah sedikan beberapa telur, kemudian diikat dengan kantong plastik, kemudian rebuslah di sumber mata air panas. Cukup tunggu 30 menit, maka telur akan matang sempurna.

Bagi Anda yang ingin berakhir pekan, Pemandian Ie Seum bisa jadi tempat yang patut dikunjungi untuk berlibur bersama teman atau keluarga tercinta.[]

Baca lagi: Tuwi Lhok Aceh Selatan

Popular posts from this blog

Terkenang Beutong Ateuh Banggalang

Keindahan Pantai Batee Puteh di Meukek

Gunong Trans, Kehijauan Sejauh Mata Memandang

Di Aceh, Menikah dan Khitanan "Harus" Berinai