Memandang Manggeng dari Batee Lhee

Rawohnanggroe | Batee Lhee adalah sebidang tanah disebuah puncak perbukitan, berjarak sekitar satu kilometer dari kota kecil Manggeng. Perbukitan ini sering disebut penduduk lokal dengan nama Gunong Sabi. Terletak di pinggiran Pegunungan Bukit Bariasan, Kecamatan Lembah Sabil, Aceh Barat Daya.
Para pendaki Gunong Sabi | Foto: Khairil

Perbukitan ini memanjang dari Selatan ke Utara, sebagiannya merupakan lahan perkebunan. Walau ada pemiliknya, tapi banyak area di Gunong Sabi dibiarkan kosong dan ditumbuhi rumput ilalang.

Lahan yang diusahakan warga umumnya ditanami cengkeh, pala dan jati. Namun, pohon jambee kleng (jamblang) adalah tumbuhan yang paling banyak ditemui. Buah asli Nusantara ini tumbuh liar dan subur. Kebanyakan penduduk sangat menyukai rasa uniknya.

Saat pohon jamblang berbuah, kawasan ini acap kali jadi perbukitan yang ramai dikunjungi. Tua-muda dari berbagai pelosok berdatangan untuk memanen buah dari pohon yang tumbuh liar di lerengnya. Buah berwarna hitam pekat ini bermusim 2-3 kali dalam setahun.

Sekarang, sudah ada jalan yang telah dibuka beberapa tahun lalu. Meski masih jalan tanah, setidaknya ini bisa mempermudah akses ke puncaknya yang indah. Puncak Sabi sering disebut Batee Lhee. Titik ini adalah tempat yang tepat untuk melihat daratan Manggeng dari ketinggian.

Menuju ke puncak, setidaknya memerlukan waktu sekitar satu jam perjalanan dari kaki perbukitan. Untuk mencapainya, beberapa tanjakan siap memberi sensasi tersendiri bagi pengunjung. Ketinggian saat mencapai puncak sekitar 400 Mdpl (Meter di atas permukaan laut).

Ada banyak lokasi yang bisa disinggahi, paling populer dan melegenda adalah Puncak Batee Lhee. Titik ini menjadi tempat yang seakan wajib dikunjungi, khususnya oleh muda-mudi.

Batee Lhee berupa setumpuk batu gunung pada salah satu sisi Perbukitan Sabi. Secara posisi, tempat ini adalah tanah paling tinggi dan sangat cocok menikmati panorama daratan Manggeng Raya dengan latar belakang Samudra Hindia.
 Mendaki ke Batee Lhee | Sumber: Youtube

View yang ditawarkan bukan itu saja. Dari ketinggian Batee Lhee bisa dengan leluasa melihat sajian alam berupa daratan Aceh Selatan, Krueng Baru, pemukiman, persawahan, pantai-pantai, kota kecil Manggeng dan benduangan. Jika hari cerah bahkan ibukota Kabupaten Aceh Barat Daya, Blangpidie juga terlihat dari sini.

Sedangkan di belakang terhampar kehijauan barisan pegunungan pulau Sumatra. Sebuah jurang dalam memisahkan antara keduanya. Katanya, jauh di belantara sana terdapat Gunung Leuser, yang merupakan gunung tertinggi di Aceh.

Jika berhasil mencapai puncak, hulu Krueng Baru adalah objek lain yang akan bisa dilihat. Sungai berarus deras ini nampak jelas dan perkasa membelah gunung-gunung menjulang.

Perlu diingat, jika berkunjung, ajaklah orang yang berpengalam. Datanglah saat hari cerah dan jangan coba-coba menjelajah sendirian. Paling penting, ketika sampai pucak, jangan lakukan aksi vandalisme dengan mencoret-coret tumpukan batu yang ada sana.

Mengunjunginya tentu bisa memberi kepuasan tersendiri. Apalagi berkunjung berama sahabat, dipastikan akan banyak pengalaman dan keseruan yang tercipta.

Gunong Sabi dengan Puncak Batee Lhee adalah tempat yang paling cocok untuk menikmati panorama Manggeng Raya. Memandangi daratan dan lautan dari ketinggian, seakan kita disadarkan bahwa manusia hanya satu bagian kecil dari alam semesta.[]

Popular posts from this blog

Sejarah Ringkas Kenegerian Manggeng

Lupek, Kuliner Rakyat Jelata

Terkenang Beutong Ateuh Banggalang

Lokasi Menarik di Manggeng Raya