Keindahan Negeri Laskar Pelangi di Aceh Selatan

Rawohnanggroe | Tidak diragukan lagi, Kabupaten Aceh Selatan memang memiliki banyak pesona pariwisata yang menjanjikan. Mulai dari wisata air, gua, situs sejarah dan juga pantai-pantainya yang elok rupawan. Diantara tempat menarik ini masih banyak yang belum dikelola, bahkan tidak sama sekali diketahui.
Pantai Gampong Labuhan Tarok | Foto: Khairil

Salah satu tempat yang memiliki keindahan alam adalah kawasan Pantai Ujong Nibong di Gampong Labuhan Tarok, Meukek, Aceh Selatan. Kawasan ini menawarkan suguhan pantai tenang dengan batu-batu yang muncul ke permukaan laut. Ukurannya beragam, ada yang kecil sampai berukuran raksasa, bertebaran disekitar pantainya yang tenang dan membiru. Pemandangan ini layaknya seperti negeri Laskar Pelangi, Bangka Belitung.

Lokasinya tersembunyi dibalik perbukitan di desa tersebut. Jaraknya tidak sampai satu kilometer dari Jalan Nasional lintas Blangpidie-Tapaktuan. Pengunjung dapat masuk melalui jalan di samping Masjid Labuhan Tarok, lurus saja, kemudian belok ke kiri dan kemudian ke kanan.

Labuhan Tarok dan daerah sekitarnya memang terkenal dengan laut yang masih alami. Terlihat dari bagusnya terumbu karang atau rumput laut yang ada di kawasan ini. Ada berbagai jenis ikan dan terumbu karang yang dapat terlihat di mana-mana. Kejernihan air di sini, membuat mata dengan leluasa bisa menyaksikan secara langsung.

Puluhan batu yang berdiri tegak di atas permukaan laut seakan ditata alami sedemikian rupa sehingga terlihat artistik dan merupakan daya tarik tempat ini. Tidak jauh dari sana ada juga sebuah makam ulama setempat.

Lokasi Pantai Ujong Nibong sebenarnya tidak terlalu jauh dari Pantai Batee Puteh dan Pulau Seureudong, hanya beberapa kilometer ke selatan dan terpisah oleh perbukitan.  Hal yang membuat istimewa tempat ini adalah belum banyak orang berkunjung, sehingga membuatnya sangat eksklusif. Hanya saat-saat tertentu para pemancing dan warga yang beraktifitas di sana.
Berkunjung ke Ujong Nibong | Sumber: Youtube

Jika penasaran dengan kesegaran air di sekitar gugus bebatuan ini, pengunjung bisa berenang dan melihat kondisi bawah laut yang ditumbuhi banyak rumput laut. Kedalaman hanya selutut hingga sedada, arusnya pun tidak kuat sama sekali sehingga aman bagi yang belum begitu mahir berenang.

Belum puas menikmati hanya dari pinggiran, cobalah naik ke perbukitan disekitarnya. Dijamin, panorama yang didapatkan akan lebih menawan.

Tak jauh dari Ujong Nibong juga terdapat Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Labuhan Tarok yang tenang. Pengunjung bisa duduk di tanggul sambil menikmati deburan ombak dan angin yang berhembus membelai nyiur. Habiskan waktu di sini hingga matahari terbenam perlahan di balik Samudra Hindia yang menguning, tentu akan lebih sempurna.[]

Rawoh Lainnya: Lhokseudu Aceh Besar

Popular posts from this blog

Terkenang Beutong Ateuh Banggalang

Gunong Trans, Kehijauan Sejauh Mata Memandang

Mengintip Tiga Pantai Bakongan Timur

Keindahan Pantai Batee Puteh di Meukek