Panjupian, Mata Air Nan Sejuk Kota Legenda

Rawohnanggroe | Siapa yang tak kenal dengan Tapaktuan? Sebuah kota yang kaya dengan cerita rakyat legenda Putri Naga dan Tuan Tapa. Keindahannya pun tidak diragukan lagi. Diseluruh penjuru kota dikelilingi oleh pegunungan dengan hutan tropis dan persis bergandengan dengan lautan membiru.
Diorama Kota Legenda | Foto: Khairil

Menurut sejarah, sebelum kedatangan penjajah Tapaktuan terdiri dari beberapa perkampungan nelayan. Kemudian menjadi semakin berkembang setelah Belanda menginjakkan kaki pada tahun 1874 dan menjadikannya sebagai pusat pemerintahan. Kini situs peninggalan kolonial sangat sedikit bisa ditemukan dan berganti dengan beragam objek wisata. 

Ibukota Kabupaten Aceh Selatan ini cocok dijadikan tujuan untuk berlibur. Meski masih berstatus kota kecil, beberapa lokasi menarik siap ditawarkan oleh kota berjuluk Dragon City ini. Tidak hanya wisata legenda, pantai dan air terjun, wahana air pun sudah sangat terkenal di sana. Bahkan sampai ke berbagai kabupaten tetangganya.

Lokasi yang paling populer terutama saat libur dan hari raya adalah wisata pemandian, sebut saja Panjupian. Berlokasi di gampong dengan nama yang sama. Letaknya sekitar lima kilometer dari pusat kota. 
Wisata pemandian di Tapaktuan | Sumber: Youtube

Aneka wahana yang ditawarkan, terutama kolam pemandian untuk dewasa dan anak-anak. tepat berada di tepi pengunungan menghijau. Kolam pemandian langsung diisi dengan air yang mengalir dari sungai kecil. Kondisinya tentu sangat sejuk dan jernih.

Panjupian dikelola oleh masyarakat setempat. Selain kolam pemandian, bangunan lain juga sudah berdiri, seperti warung, mushalla, toilet dan area parkir. Tak perlu banyak dana, setiap pengunjung hanya dikenakan uang parkir dan biaya masuk seharga Rp. 2000, selanjutnya silahkan mandi sepuasnya. 

Jika berkunjung, jangan enggan untuk mandi. Kehijauan dan suara burung sudah pasti akan menemani anda saat berendam. Kalau malas berbasah-basahan, duduk saja di bawah rindangnya pohon di pinggiran sungai, sambil menikmati gemercik air dan kesegaran yang tiada habisnya. Tertarik?[]

Popular posts from this blog

Gunong Trans, Kehijauan Sejauh Mata Memandang

Terkenang Beutong Ateuh Banggalang

Keindahan Pantai Batee Puteh di Meukek

Di Aceh, Menikah dan Khitanan "Harus" Berinai