Memandang Takengon dari Bur Gayo

Rawohnanggroe | Bepergian ke Aceh jangan lupa untuk sekali menjelajah keindahan Aceh Tengah. Kabupaten yang beribukota di Takengon ini memiliki sejumlah tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kawasan ini sendiri sering dijuluki dengan Negeri Antara, Negeri di Atas Awan dan Kota Dingin untuk Takengon.
Memandang kota | Foto: TimRN

Pemandangan yang paling banyak didapatkan di sana adalah hamparan pegunungan dan perairan laut tawar. Takengon tepat berada disisi barat danau terbesar di Aceh itu. Bagi yang tertarik ke sana, bisa melalui Bandara Rembele di Kabupaten Bener Meriah, dan jalur darat via Bireuen, Gayo Lues atau via Nagan Raya.

Hutan menghijau dan hawa sejuk akan menambah kesan berbeda, apalagi ditemani secangkir kopi di kedai kopi di pusat Kota Takengon. Aceh Tengah memang dikenal sebagai lumbung kopi di Indonesia. Hasil dari tanahnya yang subur telah dikirim ke berbagai belahan dunia.

Jika ke sana, sempatkan diri Anda untuk mengunjungi gua-gua yang ada di sekitar danau. Kemudian, bisa dilanjut dengan mengelilingi danau melalui jalur darat atau menggunakan speet boat. Ada satu hal lagi yang mesti kamu lakukan, yaitu melihat Kota Takengon dari ketinggian. Lokasinya bisa di Pantan Terong atau Bur Gayo.

Pengalaman saya sendiri lebih memilih Bur Gayo sebagai tempat memandang suasana Takengon dari ketinggian. Alasannya, selain tidak terlalu jauh, panorama kota yang terlihat begitu jelas bersanding gagah dengan Danau Laut Tawar.
Selengkapnya lihat video | Sumber: Youtube

Bur Gayo adalah sebuah gunung di pinggiran Tekengon, di atasnya sudah dipasang tulisan "Gayo Highland". Tulisan itu dengan jelas bisa dilihat dari pusat kota.

Tinggi Bur Gayo lebih dari 400 meter dari permukaan air danau. Menuju ke sana, beberapa tanjakan siap menunggu Anda. Tak perlu khawatir, jalanan sudah cukup bagus, sehingga memudahkan menuju ke sana.

Bagaimana, Anda tertarik mengunjunginya?

Baca juga: Pantai Bakongan Timur

Comments

Popular posts from this blog

Mengintip Tiga Pantai Bakongan Timur

Gunong Trans, Kehijauan Sejauh Mata Memandang

Keindahan Pantai Batee Puteh di Meukek

Di Aceh, Menikah dan Khitanan "Harus" Berinai