Perawan Lembah Gunung Paro

Rawohnanggroe | Kamu pernah berpergian ke Barat-Selatan Aceh? Jika pernah, perjalanan ke sana jangan semata-mata hanya untuk melewatinya saja. Perlu diketahui, luas wilayah ini juga banyak menyajikan berbagai atraksi alam yang menarik. Tak ketinggalan pantai-pantainya yang perawan dan jarang dijamah tangan jahil manusia. Sebut saja Lhok Paroy.
Bentang Pantai Lhok Paroy | Foto: Khairil

Lhok Paroy merupakan sebuah pantai yang berada diantara Pegunungan Kulu dan Paroy. Lokasi persisnya berada di Gampong Paroy, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar. Akses yang sedikit sulit menjadikannya sebagai sebuah objek wisata yang masih sangat jarang dikunjungi.

Garis pantainya yang memanjang dapat dilihat dari Jalan Nasional lintas Banda Aceh-Calang. Diketinggian Gunung Paro pesona pantai yang berpasir putih ini berpadu dengan riak-riak gelombang.

Menuju ke Lhok Paroy, pengunjung hanya perlu menyusuri jalanan yang mengarah ke Barat di gampong tersebut. Tak terlihat aktifitas masyarakat di sini, kecuali hanya beberapa perahu yang bersandar di bibir pantai. hanya ada tubuhan rubek di sana-sini. Pantainya sangat bersih, selain sampah organik, tak ada sedikitpun sampah plsatik yang terlihat.

Pengunjung bebas menjelajah pantainya yang bercahaya terkena sinar matahari. Saat menjejakinya, serasa ini merupakan sebuah pantai yang asing, tidak di daratan Aceh, melaikan seperti berada disebuah pulau yang terisolir. Bukan hanya itu, pantai ini juga dukurung dan dilatari oleh pegunungan yang segar menghijau.

Lhok Paroy juga memiliki ombak yang besar. Deburan lautan menghempas pantai menimbulkan suara yang menyamarkan segalanya. Di sini hanya kita dan alam yang ada.

Seperti halnya Lampuuk, Lhok Paroy juga memiliki tebing tinggi yang siap memanjakan mata. Susurilah pasir putihnya, tepat di ujung Gunung Paro. Abadikan beberapa momen akan menjadi sebuah hal yang berkesan bagi Anda.[]

Rawoh lagi: Air Terjun Ie Dingen

Popular posts from this blog

Gunong Trans, Kehijauan Sejauh Mata Memandang

Terkenang Beutong Ateuh Banggalang

Keindahan Pantai Batee Puteh di Meukek

Di Aceh, Menikah dan Khitanan "Harus" Berinai