Pesona Sekitar Calang

Rawohnanggroe | Calang adalah ibukota Kabupaten Aceh Jaya. Calang merupakan salah satu dari kawasan di Pesisir Barat Provinsi Aceh yang mengalami kerusakan terparah pada bencana tsunami dan gempa bumi pada tahun 2004 silam. Saat ini Calang sedang mengejar ketertiggalannya. Kota ini dapat ditempuh dengan jalan darat dari Banda Aceh sekitar tiga jam dan dari Meulaboh sekitar satu setengah jam.
Pelabuhah kecil di sekitar Calang | Foto: Khairil

Kota Calang memiliki potensi wisata yang sangat menjanjikan, karena daerah ini pada umumnya merupakan dearah berteluk-teluk yang dihiasi bukit-kecil. pulau-pulau serta pantainya yang masih alami.  Bagi anda yang suka menyelam, di sini banyak memiliki spot menyelam yang bagus karena lautnya yang masih terjaga.

Banyak hal yang dapat ditemukan di Calang. Salah satunya yang menarik mungkin dengan banyaknya pulau-pulau kecil yang terhampar di sekitar kota. Pulau di sana masih terjaga keasriannya dan selalau menghijau di tengah kebiruan laut.

Saat ini Kota Calang tengah berbenah diri membangun sektor wisata dan perdagangannya paska tsunami. Apalagi Kota Calang sekarang sangat mudah ditempuh, karena telah siapnya transfortasi jalan yang sangat bagus. Di sini juga terdapat fasilitas penginapan hotel yang memadai, bagi anda yang ingin berlama-lama menikmati Kota Calang.

Untuk masalah kuliner, Anda tidak perlu cemas, karena di daerah ini banyak sekali rumah makan yang view-nya menghadap ke laut lepas. Tentunya menyajikan berbagai makanan khas seafood dengan bahan dasar ikan segar yang langsung dapat dinikmati. Ikan-ikan segar ini didapatkan langsung dari masyarakat sekitar. Calang memang terkenal dengan hasil lautnya yang melimpah.

Tidak hanya wisata yang berkaitan dengan alam saja, Calang juga punya tempat wisata yang berhubungan dengan bencana tsunami 2004 silam. Seperti halnya Kota Banda Aceh, Kota ini juga memiliki situs kuburan massal, museum, taman edukasi dan gedung penyelamatan tsunami yang bila naik ke atasnya, kita dapat melihat dengan lepas pemandangan sekitar kota kecil ini.

Di Calang, kita dengan mudah dapat menemukan tempat-tempat yang eksotis. Dikarenakan kawasan ini merupakan daerah perpaduan antara laut yang masih alami, pegunungan menghijau, pantai, muara, rawa, serta hutan bakau. Jadi, apabila anda melewati jalan Lintas Barat-Selatan Aceh, jangan lewat diri Anda untuk mengunjungi dan singgah sejenak di Kota Calang.[]

Lainnya: Wisata Labuhan Haji

Popular posts from this blog

Mengintip Tiga Pantai Bakongan Timur

Gunong Trans, Kehijauan Sejauh Mata Memandang

Keindahan Pantai Batee Puteh di Meukek

Di Aceh, Menikah dan Khitanan "Harus" Berinai